Selasa, 13 Maret 2012

Mental Pebisnis

Bisnis merupakan salah satu wujud bahwa manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa berkomunikasi dengan sesamanya, bisnis merupakan gambaran sebuah masyarakat yang menjalankan kegiatan yang dinamakan perdagangan. Baik perdagangan itu berupa barang maupun perdagangan yang berupa jasa, semua jadi satu kesatuan yang dinamakan bisnis.

Tujuan berbisnis tentunya adalah mendapatkan hasil, jika hasil tersebut bisa diandalkan maka kita akan menekuni bisnis tersebut secara serius. Tapi jika bisnis yang dijalankan ternyata di tengah jalan mengalami kendala, maka otomatis bisnis yang dijalankan akan dihentikan karena tidak memiliki profit yang signifikan. Itulah yang menjadi kendala kenapa banyak sekali orang yang berbisnis tidak mengetahui bahwa sebenarnya dari permasalahan yang ada justru itulah yang menjadikan bisnis itu besar dan menjadikan permasalahan itu sebagai sebuah tantangan yang jika tantangan itu bisa terlewati maka bisnis tersebut akan menjadi besar.

Dan semakin besar permasalahan yang dialami oleh pebisnis, maka semakin besar pula nantinya bisnis yang akan dijalankan. Dan kenapa hal ini kurang dipahami oleh pelaku bisnis itu sendiri, karena kebanyakan orang yang memulai sebuah bisnis menginginkan bisnisnya berjalan lancar tanpa hambatan dan langsung mendapatkan profit atau hasil yang besar juga.

Seorang pebisnis apalagi yang baru memulai sebuah bisnis seharusnya memiliki mental:

1. Tangguh
Menjadi tangguh tidaklah mudah apalagi jika seorang pebisnis baru, tangguh dalam hal ini adalah memiliki pendirian yang kuat tentang bisnis yang dijalankan dan memiliki keyakinan yang kuat tentang bisnis yang sedang dijalaninya akan menjadi besar dan sukses. Tangguh bukan berarti keras kepala jika ada masukan dari orang lain, tapi tangguh adalah terbuka dengan segala kritikan yang membangun.

2. Pekerja Keras
Seorang pebisnis memiliki waktu yang lebih dan seorang pebisnis harus siap dengan segala medan, artinya bahwa seorang pebisnis harus menjadi pekerja keras jika menginginkan bisnisnya tumbuh dan berkembang. Seorang pebisnis pada awal membangun bisnisnya maka dia harus rela mengorbankan waktunya dan tidak sedikit yang mengorbankan waktu untuk keluarganya demi tercapainya bisnis yang maksimal. Tapi selalu ingatlah bahwa keluarga adalah yang utama karena jika mengutamakan keluarga maka support mental dari keluarga lah yang membuat seorang pebisnis menjadi bersemangat dalam mengejar cita-citanya.

3. Pantang Loyo (letoy dalam bisnis)
Salah satu yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis adalah pantang loyo alias letoy dalam bisnis, artinya jika pebisnis mengalami saat-saat drop dalam bisnis yang dijalaninya maka dia harus menjadi tambah semangat karena dengan semangat baru maka akan muncul ide baru untuk meningkatkan kembali bisnis yang sedang drop / turun.

4. Memiliki jiwa network (jaringan)
Jaringan bisnis sangatlah penting karena dengan memiliki jaringan yang luas maka bisnis yang dijalankan menjadi mudah karena jaringan telah terbentuk. Dan seorang pebisnis harus memiliki jiwa ber-network yang berarti seorang pebisnis harus pandai dan supel dalam pergaulan, mudah berkomunikasi, dan memahami betul makna sebuah jaringan yang dibangunnya.

Dengan memiliki 4 mental diatas maka seorang pebisnis bisa menjalankan bisnisnya dengan penuh optimisme dan bisa membangun sebuah jaringan bisnis yang kuat, dan sukses bukanlah hal sulit baginya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More