Senin, 19 Maret 2012

Toko Online, Efektifkah?

Bisnis yang sekarang dijalankan oleh pebisnis-pebisnis baru merupakan bisnis yang lebih mengandalkan pada perkembangan teknologi khususnya internet, dengan adanya internet pertumbuhan bisnis di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan terutama bisnis pada level UKM. Semakin mudahnya akses dan semakin banyaknya fasilitas internet yang serba gratis, misal iklan gratis, blog gratis, membuat pebisnis semakin geliat untuk melakukan inovasi terutama untuk memasarkan produknya.

Apalagi sekarang dengan adanya sosial media seperti facebook, berbisnis online serasa berhadapan langsung dengan pembeli. Dengan adanya kemudahan-kemudahan di Internet, kita sebagai pelaku bisnis tentu merasa wajib mempelajarinya jika belum mengerti tentang internet. Internet memiliki kekuatan internasional, tak terbatas ruang dan waktu, selama ada koneksi dan ada perangkat untuk online maka jadilah kita terhubung dengan internet.

Dibanding jika kita memiliki sebuah toko, misal toko pakaian yang bertempat dijalan protokol di kota tempat tinggal kita. Maka tidak mungkin orang satu kota ini mengenal toko kita, apalagi harga di toko milik kita tersebut standart, alias bukan barang atau harga yang istimewa. Kita perlu banyak melakukan promosi minimal melalui spanduk, banner-banner kecil, atau melalui brosur yang disebar secara manual dan memerlukan tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Dan dari promosi yang anda lakukan secara besar-besaran tersebut belum tentu orang melirik toko anda karena kalah bersaing dengan mall-mall atau tempat belanja yang lebih bergengsi dengan tawaran diskon besar-besaran dan dengan pilihan macam barang yang lebih banyak.

Tentunya dengan pengeluaran yang lebih besar tapi pemasukan yang kecil, maka lama kelamaan bukan untung yang kita dapatkan tapi bangkrut dan bisnis yang baru kita bangun. Bayangkan, sampai berapa kekuatan kita melakukan promosi, belum lagi mengeluarkan biaya untuk gaji karyawan, listrik, dan biaya lain-lain yang jumlahnya tidak sedikit. Seperti itulah gambaran tentang sebuah toko konvensional yang mengandalkan promosi secara manual alias offline.

Kita akan bandingkan dengan toko online, saya misalkan sama yaitu toko pakaian:
  1. Tidak memerlukan tempat yang strategis, tempat luas, dan tidak membutuhkan biaya sewa gedung untuk view barang-barang yang kita jual. Kita hanya memerlukan foto-foto dari produk yang kita jual, upload di internet, pasang di website atau facebook kita dan jadilah toko online.
  2. Tidak memerlukan banyak pegawai karena kita bisa handle semuanya sendiri, kalaupun sudah ramai pembeli mungkin kita hanya memerlukan 1-2 orang saja.
  3. Tidak ada biaya promosi iklan ataupun lain-lain karena di internet semuanya serba gratis, kita hanya mengeluarkan biaya untuk listrik dan biaya koneksi internet dan itupun biayanya relatif murah.
  4. Desain toko tidak monoton karena ini tergantung dari kreatifitas anda.
Jadi Efektifkah toko online?, Silahkan anda nilai sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More